Minggu, 10 Februari 2018

 

  • Kegiatan mahasiswa dan jabatan berdasarkan tingkat semesternya

Hari sabtu tanggal 10 Februari 2018, telah diselenggrakan kajian tentang periodisasi. Adapun tujuan kajian ini adalah untuk menampung aspirasi masa HMEI terkait dengan usulan periodisasi yang diajukan oleh Senat KM-ITERA kepada semua lembaga kampus. Berikut ini ada beberapa pendapat dari masa HMEI :

  1. “Untuk kaderisasi unit kegiatan mahasiswa (UKM) diusahakan mulai di semester 1 karena UKM itu adalah wadah bagi mahasiswa baru untuk belajar berhimpun pertama kali dikampus. Apalagi UKM daerah, menurut saya itu adalah wadah yang pas untuk mereka mahasiswa baru belajar.”-Rizki Ardi Maulana
  2. “Kalau bisa setiap ketua event/acara tidak harus dibatasi minimal semester 4. Karena kalau di semester 3 saja mereka sudah mampu, kenapa harus menunggu? Lebih baik untuk belajar tentang kepemimpinan gak perlu dibatasi.”-Andrian Maulana
  3. “Kenapa dulu mahasiswa semester 4 sudah bisa menjadi ketua event untuk acara yang dilaksanakan KM-ITERA? Karena dulu waktu angkatan 2015 itu masih kekurangan sumber daya manusia. Nah, sekarang sumber daya manusia di ITERA kan sudah banyak. Untuk mematangkan ketua event, sebaiknya mereka sudah terlebih dahulu melalui rangkaian kaderisasi. Mulai dari kaderisasi UKM maupun Himpunan dan jika mereka telah melalui tahapan tersebut, kita bakalan punya ketua yang matang dan memiliki kapasitas. Karena event KM-ITERA itu besar-besar skalanya”-Rizki Ardi Maulana dan Agadi Samridho.
  4. “Untuk kaderisasi himpunan dan pemilihan raya (Pemira), sebaiknya dikembalikan kepada otonomi himpunan masing-masing. Karena tiap himpunan punya visi dan misi yang berbeda-beda. Tetapi setiap himpunan harus mempunyai jadwal kaderisasi dan pemira yang konsisten lalu melaporkannya”-Agadi Samridho

 

  • Mengenai kegiatan mahasiswa dan jabatan berdasarkan tingkat semesternya, dengan ini memutuskan:
  1. Semua masa HMEI yang hadir dalam kajian telah setuju dengan point-point yang diberikan/diusulkan oleh senator terkait dengan kegiatan atau jabatan yang dipegang oleh mahasiswa berdasarkan tingkat semesternya.
  2. Ketua himpunan mahasiswa elektro dan informatika (HMEI), mengusulkan bahwa kegiatan periodisasi sebaiknya dibebaskan dan dikembalikan ke otonomi himpunan masing-masing. Karena beberapa alasan, seperti visi dan misi tiap himpunan yang berbeda dan jika pelaksanaannya bersama-sama dengan himpunan lain, dikhawatirkan tidak ada tempat dan waktu yang cukup di kampus ITERA ini.
  3. Untuk masa kaderisasi UKM, masa HMEI memberi usul bahwa kegiatan kaderisasi UKM sebaiknya dilaksanakan di semester 1. Gunanya untuk mewadahi mahasiswa baru yang belum masuk ke Himpunan agar bisa belajar terlebih dahulu mengenai kegiatan berorganisasi di kampus.
  4. Terkait waktu pelaksanaan kaderisasi UKM selambat-lambatnya dilaksanakan diakhir tingkat satu atau akhir dari semester 2. Itu pun untuk kaderisasi UKM juga dikembalikan lagi ke otonomi UKM nya, namun dengan syarat harus dipantau oleh KM-ITERA.

     

  • Periodisasi KM-ITERA

Terkait periodisasi Presiden KM-ITERA, ada baiknya jika:

  1. Jika kedepannya ada surat pernyataan bahwa mahasiswa yang mencalonkan diri menjadi presiden KM-ITERA siap untuk tidak diwisuda sampai berakhirnya periode kepemimpinannya. Hal itu untuk mencegah ke kosongan jabatan yang cukup lama di Kabinet KM-ITERA.
  2. Untuk waktu turun jabatan presiden sebaiknya dilaksanakan sesudah acara riuh wisuda dan dies natalis atau di minggu kedua bulan oktober. Karena pada minggu pertama masih ada kegiatan yang dijalankan oleh KM-ITERA dan juga terlalu banyaknya acara pada minggu pertama. Jadi kemungkinan yang mendukung adalah pada minggu kedua. Mengenai pergantian presiden, selambat-lambatnya dilaksanakan pada minggu terakhir dibulan Oktober agar kekosongan jabatan tidak terlalu lama.